Selasa, 16 Maret 2010

Siklus Tak Teratur

admts  |  at  21.16  | No comments


Haid yang tidak teratur merupakan salah satu keluhan seputar organ reproduksi yang paling sering dikeluhkan dan dicemaskan banyak wanita. Cari tahu penyebabnya di sini.

Pada umumnya siklus datang bulan berlangsung 28 hari, tetapi pada sebagian perempuan siklus tersebut tidak sama, antara 20 dan 35 hari. Menurut penjelasan dr Ryan Thamrin dari Yayasan Pelangi Indonesia, siklus menstruasi ditentukan oleh kerja hormon estrogen dan progesteron serta faktor psikologis, fisik, gaya hidup, dan pola makan.

Menurut Ryan, agak sulit mencari penyebab ketidaklancaran siklus haid. Namun, penyebab terbanyak dari tidak normalnya menstruasi di antaranya adalah ketidakseimbangan hormon dan stres. Namun, diet berlebihan dan obesitas juga kerap mengacaukan periode haid. Karena itulah perlu dilakukan pemeriksaan yang cermat.

Banyak yang khawatir kacaunya siklus haid akan memengaruhi kesuburan. Secara biologis, menstruasi memang menandakan dibuangnya sel telur yang sudah matang dan siap dibuahi. Menstruasi terjadi pada semua wanita yang sehat dan memiliki organ reproduksi yang sehat juga. Menstruasi juga penting untuk menentukan masa subur seseorang. Jadi, menstruasi memang salah satu indikator kesuburan.

Mengingat tidak haid bisa menjadi salah satu gejala gangguan pada indung telur, sebaiknya jangan malas berkonsultasi ke dokter kandungan. Dengan pemeriksaan dan pengobatan medis Anda bisa mendapatkan terapi yang tepat.

(sumber artikel: Kompas, gambar : Tpg images-Kompas)

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Copyright © 2013 Synergy Indonesia. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.